Agen Beras Rugi Puluhan Juta, Tertipu Cek Kosong


66W Online, Mojokerto - Seorang agen beras bernama Sujono (59), warga Desa Kedungombo, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk terpaksa melaporkan Muljani (58) ke Mapolres Mojokerto. 

Pasalnya, Muljani, warga Jalan Raya Ngrame, Kecamatan Pungging, Mojokerto ini, diduga telah menipu korban dengan menggunakan cek kosong saat melakukan transaksi pembayaran beras senilai Rp 57 juta.

Kasubbag Humas Polres Mojokerto, AKP Lilik Achiril Ekawati membenarkan adanya laporan tersebut. Menurut Lilik, kejadian itu bermula saat korban Sujono melakukan transaksi jual beli beras dengan Muljani tanggal 25 Februari lalu. 

Beras seberat 8 ton telah dikirimkan Sujono ke Toko Podo Joyo yang berlokasi di Jalan Brawijaya, Kecamatan Mojosari, Mojokerto.

"Saat transaksi di toko milik terlapor (Muljani), terlapor membayar beras 8 ton dengan selembar cek BNI senilai Rp 57 juta. Namun, hingga jatuh tempo tanggal 26 Februari cek itu tidak bisa dicairkan," kata Lilik kepada 66W.com, Senin (3/3/2014) sore.

Sementara menurut Sujono, dirinya sudah berusaha mencairkan cek dari Muljani di bank BNI cabang Kediri sesuai tanggal jatuh tempo. Namun pihak bank menyatakan saldo dalam rekening Muljani tidak mencukupi.

Selain itu, sampai saat ini Muljani belum bisa dihubungi. Bahkan saat dicari di toko miliknya, Muljani tidak menampakkan diri. Beras yang dikirimkan Sujono ke toko tersebut juga sudah tidak ada.

"Dia (Muljani) tidak bisa dihubungi, tokonya sepi. Beras yang saya kirimkan juga sudah tidak ada di tokonya. Makanya saya melaporkan dia ke polisi," jelas Sujono saat melapor di Mapolres Mojokerto, Senin siang.

Menanggapi laporan korban, Lilik berjanji akan segera menindaklanjuti kasus ini. Selain meminta keterangan korban, polisi juga menyita barang bukti berupa selembar tanda terima beras seberat 8 ton dan selembar cek atas nama Muljani yang ditujukan kepada Sujono senilai Rp 57 Juta.

"Kita akan panggil terlapor untuk kita mintai keterangan untuk dicocokkan dengan keterangan pelapor," pungkasnya.
(04/03/2014/66W).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar