Aksi UMK Buruh Kacang Bayi Purwosari Pasuruan


66W.com Purwosari - Ratusan buruh pabrik rokok PT. Trisakti Purwosari Makmur atau biasa masyarakat sekitar menyebutnya pabrik rokok "Kacang Bayi", pada Juma'at pagi (28/2/2014) sekitar pukul 09:00 Wib tumpah ruah di jalur Surabaya-Malang.

Akibat unjuk rasa ribuan buruh pabrik rokok, yang menunutut kenaikan upah kerja membuat jalan raya yang menghubungkan Surabaya-Malang maupun arah sebaliknya macet total sampai puluhan kilometer.

Aksi ini dilakukan sekitar 3000an buruh yang kebanyakan dihuni oleh kaum hawa, tak seperti kebiasaan unjukrasa yang ada. Unjukrasa yang dilakukan kaum hawa ini tanpa membawa poster atau spanduk yang isinya hujatan pada pihak management pabrik. Namun mereka tetpa melakukan orasi membakar semangat rekan-rekannya dengan menggunakan soundsystem yang telah dipersiapkan sebelumnya. Selain melakukan orasi para buruh yang memadati jalan raya tersebut, juga berjoget bersama.

Aksi ini merupakan hari kedua sejak Kamis (27/2/2014) rasa kecewa yang ditunjukan para buruh, dimana meminta agar pihak management segera menaikan upah kerja mereka.

Menurut Puji Astutik 38 Th salah satu buruh saat dikonfirmasi Kabarpasuruan ," kebanyakan buruh yang bekerja sudah lama , sekita 10 sampai dengan 15 tahun. Namun demikian upah kerja kami hanya sebesar Rp.100 s/d 400ribu tiap minggunya. Tak hanya itu saja buruh yang kebanyakan wanita tak pernah mendapatkan haknya yakni cuti haid dan melahirkan ,"cetusnya

Lain halnya komentar dari Mohammad Sofi selaku koordinator aksi meyampaikan," bila pihak perusahaan tidak segera menemui perwakilan buruh, maka kami akan tetap melakukan aksi mogok kerja dan berdiam diri didepan pabrik. Kami tidak meminta yang lebih dari pihak management, cukup berikan hak normatif para buruh yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Selama ini hak-hak kami tidak pernah diperhatikan oleh perusahaan dan kami hanya anggap sebagai "sapi perah" oleh orang kantor," tukasnya yang diamini oleh seluruh peserta demo pagi itu.

Atas adanya aksi ribuan buruh ini pihak Polres Pasuruan, setidaknya menurunkan 3 peleton Dalmas pengamanan. Sedangkan arus lalulintas disekitar aksi diberlakukan kontraflow oleh petugas Satlantas. Selain itu pihak Muspika Kecamatan Purwosari bersama beberapa perwira Polres Pasuruan mencoba untuk memediasi pertemuan antara perwakilan buruh dengan pihak management.
25/03/2014/66W.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar